.thumbnail to see the world.

a blog that contains the excitement of a woman worker who learned the art of technology

:Tugas perorangan | 6

January12

Dari setiap stakeholder yang terkait dengan perusahaan, berikan paparan anda knowledge apa saja yang bisa kita  integrasikan dalam Knowledge Management perusahaan (lebih baik dalam bentuk contoh).

Dalam sebuah perusahaan seorang stakeholder mempunyai knowledge yang setidaknya di kuasainya, seperti :

1. Product knowledge

Mengembangkan suatu produk dalam perusahaan tersebut, atau paling tidak memahami dengan benar apa saja siy produk yang di punyai. Akan susah bila kita menjual ke konsumen tanpa mengetahui dengan jelas produk yg kita jual.

Contohnya : menciptakan produk yang baik, sesuai standar internasional atau bahkan sampai bisa menciptakan produk yang akan menjadi trendsetter.

2. Customer knowledge

Yang kedua mempunyai customer knowledge, ini biasanya berhubungan dengan apa yang menjadi kebutuhan customer saat ini, lalu habbit sampai bisa menjadi ide untuk membuat produk baru.

Caranya bermacam-macam misalnya dari layanan customer service perusahaan, survey langsung ke customer dan lain-lain

3. Managerial Knowledge

Dalam sebuah perusahaan, aspek terakhir yg harus dimiliki oleh para stakeholder adalah management, dimana tentunya setiap perusahaan memerlukan sebuah head atau system yang berjalan mengatur jalannya management di perusahaan tersebut.

Contohnya, membuat sebuah kebijakan tentang suatu hal. Misalnya mengenai absent agar bisa mendisiplinkan para karyawan perusahaan tersebut.

Berikan paparan dalam menyusun team yang diperlukan dalam membangun sebuah KM. Jelaskan fungsi dan peran dari pemilihan anggota team dan dasarnya

Dalam sebuah penyusunan team, ada beberapa hal yang bisa kita lihat yang pertama, dari segi pendidikan, yang kedua dari segi pengalaman dan yang terakhir kemampuan atau skill.

  1. Pendidikan : dalam hal ini segi pendidikan lumayan berpengaruh karena jika seseorang tersebut mempunyai jenjang pendidikan yang bagus, tentu akan mempengaruhi cara berfikir orang tersebut.
  2. Pengalaman : pengalaman menjadi prioritas kedua yang terpenting, terkadang memang pendidikan menjadi tidak penting apabila pengalaman seseorang tersebut lebih memenuhi. Karena sebenarnya sebuah pembelajaran dimulai ketika kita sudah mendapatkan permsalahan di lapangan.
  3. Skill : mempunyai skill juga berpengaruh apalagi ketika mendapatkan permasalahan. Mereka akan cepat tanggap memberikan solusinya.

Berikan usulan anda yang jelas untuk membangun kebiasaan sharing di budaya indonesia. Usulan bisa dalam kontek masyarakat, pendidikan, organisasi atau perusahaan

Membangun kebiasaan sharing bisa melalui lingkup yang kecil dahulu misalnya dalam keluarga, sekolah sampai skala daerah. Dari kebiasaan yang ditanamkan oleh keluarga, misalnya seorang anak yang diajarkan untuk selalu bercerita, sharing tentang kehidupannya di sekolah atau lingkungan bermainnya.

Nah, hal ini bisa akan berlanjut apabila anak tersebut sudah memasuki skala pendidikan, akan menjadi kebiasaan anak tersebut sharing akan pengetahuan kepada teman-temannya. Atau bisa dengan seperti yang sekarang kita lakukan yaitu, membuat sebuah blog, dan memposting pemikiran-pemikiran kita sehingga dapat di baca oleh orang lain, yang mungkin butuh dan bisa bermanfaat.

Mungkin dalam skala perusahaan, ada sebuah management yang mengatur untuk mengharuskan para karyawannya berdiskusi. Misalnya setiap satu minggu sekali. Seperti perusahaan tempat saya bekerja, sempat mempunyai suatu aturan yang mengharuskan kita untuk sharing dan berbicara di depan karyawan lainnya, tentang apa pun itu. Sehingga kita dapat pengetahuan yang baru dari divisi akuntansi atau dari divisi marketing.

Berikan paparan perbedaan dan hubungan antara 4 perspektif yang ada dalam Balance Scorecard. Sertakan dengan contoh !!

4 perspektif dalam balance scorecard :

Financial

Perspektif yang melihat dari segi financial, apakah tujuan financial tersebut tercapai biasanya berdasarkan profit laba yang diterima atau cepat tidaknya sebuah kas perusahan naik. Bisa kita analisis dari ; adanya peningkatan pendapatan, adanya efisiensi dalam pekerjaan.

Customer

Perspekktif yang melihat dari sisi customer, biasnya dari penilaian para customer, apakah produk yang ada sudah memenuhi kebutuhan para customernya. Dan bisa menjadi penilaian untuk perusahaan apakah customer akan berpindah atau akan loyal terhadap produk tersebut. contohnya bisa dilihat dari ; meningkatnya profitibilitas pelanggan, adanya peingkatan daya jual pelanggan.

Proses bisnis internal

Untuk perspektif ini lebih menitikberatkan perusahaan untuk melihat apa yang bisa diunggulkan agar perusahaan bisa lebih maju. Dalam hal ini pintar-pintarnya para stakeholder mengetahui bagian mana yang menjadi keunggulan untuk di kembangkan. Misalnya ; meningkatkan mutu produk, pelayanan dan mempunyai inovasi yang luas.

Pembelajaran dan pertumbuhan bisnis

Perspektif perusahaan untuk melakukan pertumbuhan bisnisnya. Misalnya dengan adanya kompetensi antara karyawan, agar bisa mendorong para karyawan menjadi lebih baik lagi.

Apa saja isi dari sebuah KM yang menurut anda diperlukan oleh perusahaan di Indonesia, berikan alasannya

Menurut saya berdasarkan prioritas ;

  1. Pendidikan / sharing knowledge : hal ini menjadi akar penting untuk ke semua jaringan. Bisa membuat perusahaan tidak ketinggalan, sellu mempunyai knowledge-knowledge yang terbaru
  2. Inovasi : selalu mempunyai inovasi yang terbaru sehingga bisa mengembangkan perusahaan.
posted under Tugas mandiri

Email will not be published

Website example

Your Comment: