.thumbnail to see the world.

a blog that contains the excitement of a woman worker who learned the art of technology

:Tugas perorangan| 1-5|

January4

minggu 1

saatchi&saatchi

Mini case 1 – Saatchi & Saatchi

In December 1994, as a result of sustained pressure from the principal shareholders, Maurice Saatchi was dismissed from his post as chairman of the company. Saatchi, a controversial figure, had founded and managed the firm. His dismissal was intended to prevent a further sharp fall in the company’s share prices, and it was greeted with initial enthusiasm.

However, the consequences were fatal. Maurice Saatchi quickly formed a new company, continued to trade under the name of Saatchi, and recruited many of the most creative employees from the old company. Owing to this enormous loss of intellectual capital, CORDIANT, the company which succeeded SAATCHI & SAATCHI, lost customer accounts worth over £50m. in a matter of weeks. The share price collapsed by a further third in the following six months.

Mini case 2 – Volkswagen & General Motors

Volkswagen

The danger of losing knowledge when key workers depart is by no means restricted to traditionally creative industries such as advertising, design or entertainment. A case in point is the dramatic move of Josh Ignacio Upez, chief of purchasing at GENERAL MOTORS, to VOLKSWAGEN.

This move was the subject of a lengthy debate. GENERAL MOTORS initially made massive demands for damages, alleging that documents or computer files had been transferred illegally. However, this dispute was eclipsed by the fact that here too, the loss of a key employee was followed by the exodus of a whole group of highly skilled managers. Uncoded intellectual assets of incalculable value were carried off in the heads of the renegades, and were irrevocably lost for GENERAL MOTORS.

=================================================

Questions to answer

Untuk kedua kasus diatas berikan bahasan anda untuk :

  • Apa faktor knowledge dalam penekanan kasus diatas?
  • Apa saja kesalahan dari perubahan-perusahaan yang ada diatas?
  • Apa saja faktor pembelajaran yang didapat dari kasus pendek diatas?

==================================================

Faktor knowledge dalam dua kasus diatas. Ada factor knowledge worker yang hilang atau ekspansi ke perusahaan lain. Knowledge worker ini menjadi factor penting dalam perusahaannya, sebagai contoh untuk kasus Saatchi&Saatchi , Maurice Saatchi yang didepak dari perusahaannya, membuat perusahaan baru yang lebih grow dibanding perusahaan sebelumnya. Ini terlihat bahwa knowledge worker dapat memberikan perubahan yang signifikan.

Kesalahaan-kesalahaan yang ada yaitu, perusahaan tidak melihat knowledge worker  yang bisa memberikan perubahan pada perusahaannya. Yang kedua kepercayaan yang runtuh, terlihat dari kasus saatchi&saatchi yang pekerja pekerja yang lama beralih ke perusahaan yang dipimpin oleh maurice saatchi.

Pembelajaran yang ddapat diambil, sebuah perusahaan mempunyai berbagai aspek, salah satunya yang bisa saya ambil yaitu “the knowledge base and organizational learning” yang dimaksud, pengetahuan perusahaan sebenarnya berada pada pemikiran-pemikiran karyawannya. Maka dari itu, knowledge yang seperti ini harus di jaga.

—————————————————

minggu 2

  1. Apa pandangan Taco tentang KM
  2. Kira-kira apa harapan Taco dengan mengadakan berbagai pelatihan tersebut
  3. Kalau anda diposisi John Hazer White, akankah anda melakukan hal yang sama atau ada strategi yang lain
  4. Apa pendapatmu tentang strategi Taco di masa krisis
  5. Apa hal penting yang bisa dipelajari

===================================================

Mini case 1. DaimlerChrysler

  1. Masalah yang bisa terjadi disebabkan karena penggabungan antara dua perusahaan itu, kedua perusahaan tersebut mempunyai budaya dan struktur organisasi yang berbeda. Sehingga sulit untuk dipersatukan.
  2. Latar belakang dari permasalahan tersebut kemungkinan karena adanya  perbedaan budaya dari tiap tiap Negara. negara jerman dan amerika, sehingga perwakilan perusahaan dari 2 negara Negara ersebut mempunyai budaya yang berbeda dan belum tentu mereka bisa menerima budaya orang lain, bahkan ada beberapa budaya yang mungkin dianggap kurang pantas dinegaranya.
  3. Strategi yang bisa kita pakai adalah dengan menghargai budaya orang lain yang memang sudah menjadi kebiasaan di negaranya. Apabila ada budaya yang  terasa tidak baik. Maka sebaiknya memberikan saran bukan mengkritiknya. Dengan bertoleransi antar satu dan lainnya maka dapat dengan mudah dalam proses kerjasama tersebut.

Mini case 2. Beer Game mengamuk

  1. Permasalahan yang terjadi antara penyewa hotel dan pengurus hotel adalah kesalahpahaman perintah dan informasi, adapun kurangnya waktu dan pertemuan untuk menyelesaikan suatu masalah, sehingga dapat berlarut-larut.
  2. Email pertama dari mr. berman ke  pelayan pengganti, mr. berman menginformasikan keinginannya dan pelayan pengganti tersebut mematuhinya namun juga tetap melakukan prosedur dari manajemen hotel tersebut.
  3. Email kedua dari pelayan tetap mr.berman yang memberitahui kapan cutinya berakhir, dia tetap bertanggung jawab dan menginformasikan kepada mr.berman.
  4. Email ketiga dari pengurus rumah tangga, dalam email tersebut diketahui bahwa mr. berman menegur dan mengeluhkan pelayanan kepada asisten manajer. Tindakannya sudah cukup bagus. Dan email dari pengurus rumah tangga ini yang memberitahu tentang pelayan yang akan diganti menurut saya itu sudah wewenangnya.
  5. Dari email-email yang ada, pelayan pengganti, pelayan tetap , asisten manager dan pengurus rumah tangga. Pelayan-pelayan tersebut sebaiknya tidak membalas email mr.berman karena yang berhak adalah pengurus rumah tangga atau asisten manager tersebut.
  6. solusi yang bisa kita tawarkan yaitu, sebaiknya management hotel memberi informasi apabila ada keluh kesah dan saran, sehingga  para penyewa hotel tau harus berbicara kemana. Lalu akan diteruskan ke kepala bagian yang bersangkutan. Sehingga informasi yang diberikan tidak berlapis-lapis, cukup dengan asisten manager yang meneruskan ke pengurus rumah tangga selanjutnya pengurus rumah tangga yang mengambil keputusan tindakan apa yang harus dilakukannya.
  7. Lalu yang kedua, terkadang peraturan dalam sebuah manajemen tidak sesuai dengan orang lain, dalam kasus ini, kita melihat kebiasaan penyewa kamar yang menggunakan sabun khusus dan tidak mau direpotkan dengan sabun2 hotel, hendaknya pihak hotel dapat mentolerir kebiasaan tersebut.

Mini case 3. taco case

  1. Taco memandang knowledge management sebagai akar dari semuanya, knowledge yang dimiliki oleh sekelompok orang-orang ternyata mampu mengubah sebuah perusahaan, taco menaruh besar pada knowledge ini terlihat dari pelatihan-pelatihan yang mereka fasilitasi. Sehingga knowledge tidak hilang begitu saja dalam perusahaan.
  2. Harapan yang taco inginkan dengan adanya pelatihan tersebut, pastinya knowledge akan sekelompok orang tersebut dapat membantu membangun perusahaan, karena itu satu-satunya asset yang bisa dimanfaatkan untuk menjalankan sebuah perusahaan.
  3. Jika saya menjadi john hazer white, saya akan tetap melakukan strategi seprti itu, karena expilict knowledge ataupun tacit knowledge dapat membantu menggerakan sebuah perusahaan.
  4. Strategi taco dalam menanggulangi krisis dengan mengurangi sepertiga karyawan, namun tetap berkomitmen bahwa tidak ada yang bisa menggantikan tenaga manusia dibandingkan dengan tenaga mesin.
  5. Yang dapat dipelajari, bahwa keberhasilan tergantung akan kemauan pekerja untuk menawarkan ide, nasihat dan mempelajari tugas-tugas baru dengan begitu dapat diperoleh keuntungan. Dengan adanya penawaran pusat-pusat plathan bagi pekerjanya membuat para pekerja dapat meningkatkan kemampuan kerjanya. Dan berguna bagi perusahaannya.

=================================================

minggu 3

1. Perbedaan tacit dan explisit knowledge & cara transfer knowledgenya

Tacit explisit biasanya tidak mudah dibagi, maksudnya ini adalah sesuatu yang tradisi atau kebiasaan. Sebagai contoh ketika kita belajar naik sepeda. Walau ini diajarkan tapi ini hanya bisa belajar dari pengalaman ketika kita menaikinya. So, basicaly tacit knowledge suatu knowledge yang berasal tidak dari sebuah pengajaran saja namun dari pengalaman.

Sebaliknya dengan explisit knowledge adalah pengetahuan yang telah atau dapat diartikulasikan, dikodifikasi, dan disimpan dalam media tertentu. Hal ini dapat dengan mudah ditularkan kepada orang lain. Informasi yang terdapat dalam ensiklopedia, wikipedia maupun google adalah salah satu contohnya.

Sehingga terlihat perbedaan diantara keduanya yaitu, jika tacit knowledge bisa ditransfer namun hanya sebatas itu saja selebihnya pengalamanlah yang bertindak. Istilahnya dikenal dengan socialization, disini proses sharing hingga ke proses practice. Sebaliknya dengan explicit bisa dengan berbagai cara salah satunya media seperti internet maupun buku. Jika proses transfer dari tacit ke explisit biasanya dikenal dengan externalization.

2. Jelaskan beda perubahan struktur dari data, informasi dan knowledge

Data merupakan hasil pengamatan dari sebuah keadaan atau sesuatu. Jika terolah dan terstruktur akan menjadi sebuah informasi. Namun jika informasi yang diberikan sangat jelas , dan menimbulkan banyak penilaian maka bisa menjadi sebuah knowledge.

Contohnya, apabila seorang peneliti mencari sebuah obat untuk menangani penyakit HIV/AIDS. Berawal dari sebuah data orang yang terkena, lalu diolah dicari dianalisis sehingga menghasilkan sebuah informasi mengenai penyakit tersebut, biasanya dalam proses informasi ini sudah termasuk explicit knowledge, berkembang karena terdapat beberapa tanggapan sehingga menjadi knowledge untuk semua orang.

3. Jelaskan beda 3 modal dasar dari KM adalah people, process dan technology

PEOPLE

Orang sangat berpengaruh dari sebuah knowledge management,  ibaratnya oranglah yang menjadi input sekaligus output dari knowledge yang ada.

PROSES

Proses disini dimaksud sebagai menjadi sebuah pelatihan. Dalam KM proses atau pelatihan menjadi poin penting. Karena ada bagian mengevaluasi hingga melakukan perbaikan ada dalam proses ini.

TECHNOLOGY

Teknologi disini sebagai penyambung antara knowledge yang ada untuk disebarkan. Misalnya dengan cara melalui situs, seperti wikipedia, di situ technology berperan dalam mentransfer knowledge yang ada, yang menginputkan adalah orang dan seiring waktu bisa saja ada tanggapan dan perubahan yang bisa disebut proses.

4. Core Process Knowledge Management

Seperti yang saya baca pada materi kuliah, ada 6 tahapan yang kita ketahui.

  • knowledge identification

Pada tahap yang pertama ini, kita hanya mengidentifikasi seputar  perusahaan tersebut. Knowledge internal dalam perusahaan.

  • Knowledge aquistion

Tahap berikutnya mengidentifikasi knowledge diluar perusahaan tersebut, ini dapat membantu mengidentifikasi apa keahian dari perusahaan tersebut. Knowledge external dari perusahaan.

  • Knowledge development

Setelah mengetahui knowledge dari dua sisi, pada tahap ini kita mulai membangun hal-hal apa yang dibutuhkan guna menjaga knowledge yang sudah ada. Apakah jika akan menerapkan knowledge yang baru dapat terealisasikan atau mengganggu, pada tahap ini kita harus  memperhatikannya.

  • Knowledge Sharing

Setelah selesai pembangunan knowledge, saatnya kita sharing kepada divisi2 yang berada dalam perusahaan. Pastikan kita mengutarakan dan memberitahu dengan baik. Sehingga tak terdapat kesalahan, karena pada proses ini setiap individu berperan penting hingga tercapai tujuan perusahaan.

  • Knowledge Utilization

Pada tahap ini, kita memastikan bagian utility sstemnya apakah sudah berjalan dengan baik atau sebaliknya. Dan dapat menguntungkan perusahaan tentunya.

  • Knowledge retention

Dan tahap terakhir ini, kita memastikan apakah setiap individu menggunakan knowledge tersebut, dan tetap akan ada knowledge tersebut didalam perusahaan. Lalu, memastikan adanya peningkatan proses dalam perusahaan tersebut.

=================================================

minggu 4

Jelaskan beda dari 3 knowledge goal yang ada (Stretegic, operational, normatif)

perbedaan antara operational dan strategic knowledge goal adalah

  • strategic knowledge itu merupakan pengetahuan yang menciptakan strategi-strategi untuk mencapai goal
  • Sedangkan operational knowledge goal itu merupakan sebagai pelaksana apa yang didasarkan pada strategic knowledge.

Dalam konteks diatas strategic knowledge itu merupakan otak dari tujuan akhir yang akan dicapai oleh perusahaan tersebut, sedangkan operational knowledge itu hanya melaksanakan apa yang diperintahkan oleh strategic knowledge goal.

  • Operational Knowledge normatif itu Menciptakan kondisi yang baik untuk knowledge oriented strategic target operasional. Membutuhkan komitmen,kemauan yang penuh dari top management agar dapat membantu dalam menciptakan kebudayaan perusahaan yang sadar akan knowledge.

Jelaskan perbedaan antara knowledge identification dan knowledge acquisition

  • Knowledge Identification:
    knowledge indetification merupakan tahap awal melihat knowledge suatuperusahaan, perusahaan akan menginventarisir knowledge-knowledge yang sudah ada pada perusahaan tersebut. sehingga akan memudahkan apa saja yang bisa di manage pada perusahaan atas knowledge yang ada.
  • Knowledge Acquisition: knowledge acquisition merupakan tahap berikutnya setelah mengidentifikasi, yaitu proses pengumpulan data dalam sebuah sistem komputer. Misalnya adanya laporan-laporan atau jurnal, browsing internet, buku, dsb.

laporan-laporan yang ada dijadikan dokumentasi untuk dipelajari, sehingga menghasilkan data yang baik dan siap untuk diolah dan dapat menghasilkan solusi yang efisien.

Jelaskan beda dari 3 pendekatan dalam knowledge identification (Struktural, activities, behavioral)

Knowledge Struktural:
Knowledge struktural biasanya terdapat dalam sebuah tatanan atau organisasi, untuk melihat apa saja yang dibutuhkan dalam hal knowledge di setiap struktur pekerjaan.

Knowledge Activities:
Knowledge activities merupakan gambaran seseorang beserta aktifitasnya, apa yang dikerjakan hingga apa fungsinya.

Knowledge Behavioral:
Knowledge behavioral ini merupakan gambaran budaya yang ada di sebuah perusahaan yang sudah dibentuk oleh perusahan tersebut, misalnya setiap senin pagi ada pertemuan khusus untuk membahas seminggu kedepan. Atau hal-hal yang sederhana adanya prinsip kerja seperti harus rapih, terus senyum dan rajin. Nah, dari situ bisa kita ambil knowledge yang ada , karakter perusahan tersebut, budaya dan lain-lain.

Jelaskan bagaiman cara menghasilkan fitur dengan melihat dari knowledge goal dan knowledge identification

  • Adanya kerjasama yang baik antara perusahan dan pakar untuk focus kepada goalnya.
  • Mengetahui tujuannya dengan baik
  • Menciptakan kondisi yang baik
  • Optimalkan infrastrukturnya
  • Adanya kerjasama yang baik, apabila ada penyesuaian strategi dalam perusahan tersebut.

Apa itu knowledge map ? berikan contohnya ? Untuk tipe knowledge seperti apa (lihat pertanyaan nomor 3) yang cocok untuk knowledge map, berikan penjelasannya.

Knowledge MAP sebagai tampilan visual tentang hubungan dan informasi yang tertangkap, yang memungkinkan komunikasi yang efisien dan pembelajaran pengetahuan (learning of knowledge) oleh pengamatnya dengan berbagai latar belakang dan pada berbagai tingkat kerincian. (vail,1999)

Contoh:

Dalam penggunaan internet dan intranet, misalnya desktop atau web perusahan.

Memanfaatkan seorang Public Relation, bisa outsource maupun dari orang internal.

Meurut saya, Tipe knowledge yang cocok adalah tipe knowledge activities, karena bersifat gambaran sebuah  aktifitas dalam mengerjakan setiap pekerjaan atau dalam menjalankan fungsinya.

===================================================

posted under Tugas mandiri

Email will not be published

Website example

Your Comment: